Microsoft Gelar PSIB Bagi 1.388 Mahasiswa, Tingkatkan Keterampilan Teknologi

Microsoft Indonesia secara resmi mengawali Program Studi Independen Bersertifikat (PSIB) angkatan kedua bagi 1.388 mahasiswa dari 205 universitas dan 91 daerah di Indonesia.

Dari keseluruhan mahasiswa, 29,9 persen mahasiswa akan belajar dan mengambil sertifikasi di bidang track cloud and artificial intelligence (AI).

Mengutip keterangan resmi Microsoft, Jumat (18/2/2022), 35,8 persen akan mengambil sertifikasi di bidang Productivity, dan 36,3 persen lainnya di bidang Educator.

PSIB sendiri merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sejak Januari 2020.

Nizam, Plt. Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kemendikbudristek mengatakan keterampilan digital telah menjadi salah satu kebutuhan dasar di berbagai jenis pekerjaan.

“Ke depannya, kebutuhan ini akan semakin meningkat. Berbagai profesi baru juga akan bermunculan, sejalan dengan lahirnya inovasi baru dari teknologi,” kata Nizam.

Keterampilan yang Berbeda-beda

Setiap track akan membekali mahasiswa dengan keterampilan berbeda untuk kebutuhan profesi yang berbeda.

Peserta yang lulus dari track Educator misalnya, diharapkan dapat membawa inovasi baru dalam metode belajar mengajar dengan menggunakan teknologi Microsoft, sehingga mampu memodernisasi dunia pendidikan.

Untuk peserta track Cloud and AI akan dibekali keterampilan untuk menjadi engineers dengan memanfaatkan berbagai fitur cloud and AI Microsoft Azure.

Sementara untuk peserta track Productivity, akan memperoleh keterampilan yang dapat mendukung pengembangan bisnis di masa depan, dengan memanfaatkan teknologi.

MariBelajar, mitra pengajar PSIB Microsoft angkatan kedua mengatakan, hasil yang mereka harapkan dengan program ini adalah menyiapkan mahasiswa untuk menghadapi tingginya persaingan dunia kerja berbasis teknologi.

“Karena itu, kami menekankan sistem pembelajaran yang mengombinasikan konsep dengan masalah dan praktik lapangan,” kata Juli Sapta Putra Hantana, Direktur PT MariBelajar Indonesia Cerdas.

Jumlah Pendaftar Meningkat

Juli menambahkan, lewat sistem ini, mahasiswa akan memiliki keterampilan dasar penggunaan teknologi dan critical thinking untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di dunia kerja.

Mereka juga akan mendapatkan real-life experience untuk memetakan jenis pekerjaan seperti apa yang dapat diselesaikan dengan solusi teknologi yang mana.

Total peserta PSIB Microsoft angkatan kedua meningkat lebih dari 23 persen dibandingkan angkatan pertama, dengan jumlah pendaftar mencapai 10.066 mahasiswa, atau meningkat lebih dari 67 persen dibanding sebelumnya.

Obert Hoseanto, Education Programs & Skills Lead, Microsoft Indonesia, mengatakan mereka senang dapat kembali berpartisipasi dalam Kampus Merdeka dengan penyelenggaraan PSIB Microsoft angkatan kedua.

“Antusiasme mahasiswa yang semakin meningkat juga memacu semangat kami untuk terus memberdayakan mereka dengan keterampilan digital yang dapat mendukung Indonesia 4.0,” kata Obert.

(Dio/Ysl) Sumber : www.liputan6.com/

Tag :

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Leave a Reply

Have Any Question?

Kami, Multi Network Indonesia siap memberikan layanan digital terbaik untuk Anda.