Mau Jadi SEO Specialist, Sekolah dan Belajarnya di Mana?

Sekarang muncul banyak lowongan pekerjaan SEO Specialist. Namun apa pekerjaan dari seorang SEO Specialist? Apakah pendidikan yang harus ditempuh agar bisa disebut sebagai ahlinya SEO atau Search Engine Optimization? “Sekarang bookmarks-nya banyak. Ada pelatihan dan course, levelnya mungkin sudah lulus. Sudah ada juga yang lulusan D3, malah. Ada beberapa universitas yang mengajarkan,” kata Hanny Setiawan CEO dan Founder Bewei Digital Agency, kepada detikINET di acara SEOCon Jakarta 2022, Rabu (16/3/2022).

Ia menyarankan untuk menguasai dulu bookmark dari SEO. Pahami juga setidaknya SEO on-page (di website sendiri) dan off-page. SEO on-page pun juga terbagi dalam teknis dan non teknis, contohnya adalah copy writing serta programming language.

“Tetap harus eksplor otodidak sendiri, harus ngoprek. Bikin blog, cobain di blog sendiri. Tapi seenggaknya dengan adanya course-course tersebut bisa membantu ngasih kita peta, lah,” ucapnya.

Ilman mengatakan dirinya pun membuka kelas untuk belajar SEO dan terbuka untuk siapa saja yang ingin menguasai soal ilmu ini dan menjadi SEO Specialist.

Peran SEO Specialist

Di dalam perusahaan, SEO bertugas membuat target market untuk masuk ke dalam bisnis. Ini dilakukan lewat senjata organic search contohnya lewat pencarian di Google. Diharapkan, dari jumlah traffic (pengunjung website) yang beralih menjadi pembeli juga meningkat. Konten juga diinginkan bisa bertahan terus di pencarian Google.

SEO Specialist masih dibutuhkan di Indonesia. Malah disebut-sebut, Indonesia masih kekurangan sekitar 1 juta orang SEO Specialist di era digital ini. Inilah yang mendorong adanya SEOCon Jakarta 2022 di mana para ahli bisa bertukar ilmu dengan audiens sehingga semakin banyak talenta baru di dunia SEO.

Sumber : inet.detik.com/

Tag :

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Leave a Reply

Have Any Question?

Kami, Multi Network Indonesia siap memberikan layanan digital terbaik untuk Anda.